iphone6

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Mungkin pepatah ini juga berlaku buat iPhone kamu, sebelum terlanjur rusak lebih baik merawatnya biar bisa awet dan tahan lama. Produk keluaran Apple ini emang beda dan eksklusif, nggak mudah ngeganti setiap komponennya termasuk masang copot baterai. Ketika baterainya ngedrop atau rusak, bisa-bisa kamu harus ngeganti iPhone kamu dengan yang baru.

Mahal banget kan? Nah sebelum ini sampe kejadian, beberapa tips di bawah ini bisa ngebantu kamu ngerawat baterai iPhone kesayanganmu biar kuat dan panjang umur:

Selalu Pake Charger Asli.

Usahain selalu pake charger asli dari Apple dan jangan pernah sekalipun ngejajal charger kw alias abal-abal meskipun tegangan dan spesifikasi lainnya sama. Banyak kejadian iPhone meledak ketika di-charge karena memakai charger palsu. Kalo pun terpaksa, lebih baik nge-charge ngegunain kabel USB (asli Apple) ke perangkat komputer atau laptop kamu. Tapi inget, kalo pengen baterainya awet usahain buat nggak nge-restart laptop atau komputer kamu sebelum proses charging selesaai.

Katakan Tidak buat Powerbank.

Banyak juga kejadian baterai iPhone ngedrop atau rusak karena sering charging lewat powerbank. Mengapa sebab? Karena tegangan listrik di powerbank kadang suka nggak stabil, kalo ini sampe dibiarin alamat baterai iPhone kamu bakal cepet rusak.

Matiin beberapa Fitur yang Nggak Penting.

Kalo emang lagi nggak dibutuhin, lebih baik matiin beberapa fitur seperti GPS, Bluetooth, dan WiFi di iPhone kamu. Jika fitur ini terus aktif, mereka akan terus makan daya baterai sehingga power baterai iPhone kamu bisa cepet abis dan boros. Kalo ini terus dibiarin, maka umur baterainya akan lebih pendek karena akan sering recharge. Ingatlah, setiap komponen tentu ada durasi kerjanya sendiri.

Buka Bungkusnya.

Ketika recharging, usahain pembungkus iPhone dibuka karena bisa menyebabkan kondisi ponsel terlalu panas. Hal ini tentu akan sangat berpengaruh sama daya tahan baterai jadi lebih pendek dan cepat rusak.

Gunain Auto-Lock

Meskipun terlihat sepele, settingan penguncian perangkat praktis ini bisa ngehemat baterai lebih banyak. Sebabnya adalah ketika fitur ini nggak diaktifkan maka kondisi ponsel dalam keadaan stand by dan sedikit demi sedikit menguras daya baterai.

Manfaatin Fitur Auto-Brightness.

Nyalain fitur Auto-Brightness atau penerangan otomatis yang akan mengatur cahaya sesuai sama kondisi sekitar. Jadi ketika kondisi sekitar kamu terang, secara otomatis fitur ini akan mengurangi level cahayanya dan akan berdampak pada berkurangnya daya konsumsi baterai.

Let It Die.

Baterai iPhone kamu udah hampir abis? Jangan buru-buru di-charge, biarin aja sampe bener-bener mati. Lakuin ini setidaknya minimal sebulan sekali, tujuannya adalah buat kalibrasi baterai dan ngebiarin baterai bekerja dari nol lagi. Ini juga bisa jadi salah satu cara buat menguji apakah kinerja baterai masih optimal ketika udah dikalibrasi.

Update.

Biasain buat nge-update iPhone kamu sama software baru, karena biasanya di software tersebut udah disertain beberapa fitur penghemat baterai yang bisa dimanfaatin buat ngehemat konsumsi baterai ponsel kamu.

Leave a Reply