macbook_air

Pernahkah Anda merasakan Macbook Anda tiba-tiba mati padahal masih tersisa daya sekitar 16% lagi? Atau battery health-nya masih sekitar 90% tapi kesannya seperti cepat habis? Jika penyakit ini telah menyerang Macbook Anda, berarti gadget Anda ini harus segera dikalibrasi karena informasi yang ditampilkan sudah tidak akurat lagi. Mengapa harus dikalibrasi? Karena kalibrasi adalah salah satu cara untuk mengetahui kapasitas sebenarnya dari baterai MacBook yang Anda miliki.

Baterai adalah nyawa terpenting dari sebuah laptop termasuk Macbook, dengan adanya baterai kita dapat mengerjakan suatu pekerjaan dengan berpindah-pindah tempat tanpa harus selalu terhubung dengan listrik. Untuk itulah akurasi daya menjadi sangat penting, tujuannya tentu saja agar kita dapat lebih mudah memperkirakan kapan tepatnya laptop mendapat daya lagi. Selain itu, kita juga dapat merawat baterai Macbook selalu dalam performa yang baik dan awet.

Untuk itulah diperlukan kalibrasi, yakni langkah untuk menghabiskan ion dalam baterai agar bisa diisi kembali dengan ion yang baru ketika di-charge lagi. Baterai MacBook memiliki internal microprocessor yang mampu memperkirakan jumlah daya dalam sebuah baterai baik saat di-charging maupun tidak. Kalibrasi pada baterai perlu dilakukan secara berkala untuk menjaga keakuratan estimasi baterai pada layar MacBook, baik MacBook Air maupun MacBook Pro. Berikut adalah cara kalibrasi yang bisa Anda lakukan:

  1. Pasang adapter dan lakukan charging pada MacBook sampai LED berwarna hijau dan battery meter pada layar menunjukkan baterai telah penuh (fully charged).
  2. Biarkan baterai dalam kondisi fully charged minimal 2 jam. Anda masih bisa menggunakan MacBook dalam 2 jam itu selama adapter tetap terhubung pada listrik.
  3. Lepaskan adapter dari sumber listrik dengan keadaan Macbook masih menyala. Gunakan terus MacBook Anda sampai muncul peringatan pada layar kalau baterai sudah dalam keadaan low.
  4. Ketika daya sudah menunjukkan 5% atau kurang, segera simpan semua pekerjaan Anda. Setelah itu, lanjutkan aktivitas Anda sampai Macbook benar-benar kehabisan daya dan masuk ke dalam mode sleep.
  5. Setelah dalam mode sleep, biarkanlah Macbook Anda tetap “mati” sekitar lima jam atau lebih.
  6. Setelah lima jam atau lebih, charge MacBook Anda sampai benar-benar full. Ketika baterai telah di-charge sampai penuh maka baterai MacBook Anda telah sukses dikalibrasi.
  7. Apabila setelah dikalibrasi ternyata baterai Macbook Anda masih bermasalah, tak perlu panik. Segeralah menghubungi iBenerin, dijamin permasalahan baterai Macbook Anda akan segera teratasi.

 

Leave a Reply