mac_bugs

Anda pengguna setia iPhone? Berhati-hatilah, kabarnya saat ini sedang beredar bug melalui pesan SMS. Pesan yang bertuliskan bahasa Arab dan beberapa simbol ini dicurigai sebagai bug yang dapat menyebabkan perangkat iPhone mendadak hang dan melakukan reboot dengan sendirinya. Pesan berupa string (kombinasi karakter spesifik) ini dikirim sebagai iMessage dan akan menyebabkan iPhone penerima pesan menjadi error. Bahkan setelah reboot, pengguna akan tetap kesulitan mengakses aplikasi iMessage.

Kasus ini pertama kali mengemuka setelah seorang korban menceritakannya di situs Reddit. Menurutnya, crash ini diakibatkan oleh cara iOS mengenali karakter yang ada di SMS tersebut dan menampilkannya kembali di Notification Center. Crash ini terjadi jika menerima SMS dengan karakter tertentu dalam kondisi layar iPhone mati, sehingga SMS itu akan muncul di Notification Center.

Sementara itu menurut Ars Technica, “core text” bug ini disebabkan kombinasi ASCII dan unicode karakter, sehingga iPhone yang menerima pesan itu akan mengalami kerusakan. Jadi jika pesan atau iMessage yang berisikan teks tersebut diterima dan ditampilkan dalam lock screen atau dalam Notification Center yang di-swipe dari atas layar, iOS akan mengalami masalah dalam me-render pesan tersebut. Akibatnya seluruh sistem akan crash dan akan melakukan reboot otomatis.

Untuk upaya pencegahannya, seperti dikutip dari situs www.ign.com, Anda dapat membuka system setting iPhone Anda dan matikan message preview-nya (Notifications>Messages>Show Previews). Hal ini akan akan mencegah iPhone yang Anda miliki dari kerusakan instan setelah menerima pesan berisi bug tersebut. Selain itu, situs ini juga mengingatkan untuk lebih waspada dalam menggunakan aplikasi WhatsApp karena menurutnya ada beberapa pengguna yang melaporkan jika aplikasi tersebut juga bisa memicu bug.

Pihak Apple juga sudah mengkonfirmasi masalah ini, dan mereka menyebutkan jika saat ini mereka sedang berusaha memperbaikinya. Selain itu, ternyata bug ini tidak terjadi di semua perangkat iPhone yang menjalankan iOS 8. Situs  mirror.co.uk melaporkan jika mereka sudah melakukan tes ke beberapa pengguna iPhone dan ternyata bug tersebut tidak dapat bekerja ke semua jenis iPhone.

Leave a Reply