iBenerin: Hacking WDC My Passport external – 5 Januari 2016
Di malem taun baru kemarin (31 Desember 2015), kami kedatangan 2 pasien ke bengkel iBenerin dalam selang waktu yang bersamaan, keduanya bermerk WDC My Passport external drive, pasien pertama dengan kapasitas 320 Gb dan yang kedua dengan kapasitas 1 Tb , keluhannya pun dapat dikatakan serupa, yaitu “raw data access” dan selalu minta di format. kemudian team iBenerin mulai membuka hdd WDC My Passport tersebut, dan seperti yang sudah diduga sebelumnya bahwa disk ini memakai “direct usb port” ada 2 model satunya mini usb dan satunya adalahl usb 3.
ibenerin-1-wdc-port
berdasarkan pengalaman dan mengacu pada jenis hdd tersebut memakai controller usb type:
Bridge-SATA USB Controller INIC-1607E
Bridge-SATA USB Controller PACK INIC 1605,06,07,08, 09,18
Bridge-SATA Combo Controller PACK INIC-1610 INIC-1611 INIC-1615
ciri2 khasnya adalah adanya tulisan port E71 – E72 – E73 – E75 dibalik akses board yang dapat dilihat dengan mata telanjang tanpa perlu mengutak ngatik bagian seperti ini
ibenerin-2-wdc-pcb
sebetulnya, titik port tersebut adl akses langsung (bypass) tanpa melalui kontroler IC type INIC family, yg mana sebetulnya itu adalah kunci daripada inti kerusakan pada hdd WDC My Passport ini.
Silakan anda solder pin akses dibawah ini
kemudian, carilah port pengganti dari hardisk drive bekas yang sejenis, lepaskan port tersebut dan sesuaikan dengan posisi port di atas, dan solder ke lokasi yang seharusnya, sekali lagi, hati hati pada tahap ini.
ibenerin-4-wdc-port
ibenerin-5-wdc-port
jika proses solder telah selesai dan tersolder dgn baik (harus dilakukan hati-hati dengan mata solder yg runcing! karena port WDC My Passport tersebut memiliki ukuran yang sangat kecil)
ibenerin-6-wdc-port-2
mudah bukan ?  tahan sebelum Anda merasa puas, Anda terlebih dahulu harus membuang capacitor coupling agar supaya akses ke controller internal tidak terjadi. Ukuran capacitor ini kecil sekali, dan proses “menculiknya” sangat memerlukan kehati-hatian, dan umumnya beberapa type WDC My Passport kadang memiliki perbedaan nomor seri capacitor pada bagian bawah PCB disknya.
Team kami memberikan 2 catatan, yg pertama adalahl type WD3200BMVV dengan size sebesar 320 giga … dengan tulisan yang tertera C13 – C18 – C31 – C33 (gambar bawah)
ibenerin-7-wdc-pcb-1
dan pada WD10JMVW adalah C13 – C18 – C31 – C37 yang terletak pada gambar dibawah ini
ibenerin-8-wdc-pcb-2
proses membuang ke 4 caps, itu juga bukan hal yg mudah, anda harus melakukan dengan ekstra hati-hati, dan ketenangan jiwa, pasrah pada Yang Maha Kuasa, dan tak lupa berdoa ;D
Belum selesai sampai disitu, Anda akan menemukan ada perbedaan lagi pada akses port power 5 volt diantara 2 board itu tersebut, pada WD3200BMVV seperti ini
ibenerin-9-wdc-port-solder
dan pada WD10JMVW ya seperti inilah yang akan Anda temukan
ibenerin-10-wdc-my-passport
ibenerin-11-wdc-my-passport
nah beda bukan ? hehehehe … ok , ini gambar akses HDD tsb yg di attach ke PC dgn memakai usb to sata ..
ibenerin-12-wdc-my-passport
ibenerin-13-wdc-my-passport ibenerin-14-wdc-my-passport ibenerin-15-wdc-my-passport
Apakah dengan demikian kasus ini sudah selesai ? belum .. proses selanjutnya adalah disk recovery, umumnya kerusakan ini menyebabkan “raw disk access” dan harus memakai software yg bisa deep scan analisis, software untuk fungsi beragam Anda dapat memilihnya sesuai kebiasaan Anda, ok sudah gitu aja …. do it with your own risk !
NOTE:
1. ini adalah proof of concept a.k.a PoC
2. ada step-step yang tidak diceritakan, seperti penentuan caps coupling dan akses DC 5V ke disk, yang mana pengetahuan ini didapat dari “pengalaman” dan inspirasi hasil googling.
3. menguasai 1 teknik tersebut bukan berarti hebat, tapi adl sebuah hasil pencarian dan ketekunan.
4. hasil recovery selanjutnya, tidaklah dibahas, karena bisa saja disk sdh dlm kondisi parah atau ada KERUSAKAN LAIN yg menyebabkan data hilang, trik ini hanya mempermudah 1 langkah dalam proses recovery.
5. “dont try this at home” atau “ do it with your own risk” karena “ you have been warned” sebab, ini baru secuil pengetahuan daripada luasnya ilmu yang dapat Anda kuasai.
SELAMAT BERKARYA !

One thought on “iBenerin: Hacking WDC My Passport external

Leave a Reply